Entry Tugas

Rabu, 20 April 2011

Tugas #2: Domain name Nissan Motor Co. vs Nissan Computer Corp.

Selamat datang kembali di Kelas Miss Sansan! Kelas seru yang membahas berbagai macam informasi untuk terus melatih otak sehingga bisa cepat pintar dan cepat lulus sekolah yey! Hari ini Miss Sansan akan menjelaskan mengenai cybersquatting. Olala…

Miss Sansan akan membahas kasus perebutan domain name antara Nissan Motor Co. vs Nissan Computer Corp.

1.       Nissan Motor Co. khawatir akan kegunaan domain name
Nissan Motor Co. khawatir akan Nissan Computer Corp. dalam penggunaan domain name yaitu nissan.com dan nissan.net adalah karena beberapa alasan berikut:
-        Nissan Motor Co. yang sudah berkembang menjadi sebuah brand mobil terkemuka khawatir akan memicu kebingungan bagi konsumen Nissan Motor Co. yang berniat mencari informasi mengenai mobil di internet. Internet saat ini merupakan sarana teknologi yang menawarkan berbagai macam solusi untuk pencarian data dan informasi yang aksesnya sangat mudah dan praktis serta cepat, sehingga mencari informasi hanya semudah mengetik keyword dalam search engine. Kekhawatiran akan kerancuan yang akan timbul akibat adanya sebuah nama yang sama dapat membuat konsumen, atau calon konsumen, yang ingin mencari informasi mengenai produk Nissan Motor Co. salah “mampir” ke web Nissan Computer Corp. yang menjual berbagai macam produk computer sehingga konsumen, atau calon konsumen, tersebut tidak akan memdapat informasi yang diinginkan mengenai produk mobil dan Nissan Motor Co. pun kehilangan kesempatan mendapat pelanggan (opportunity loss)
-        Nama yang sama tentu menjadi masalah juga untuk hal promosi dimana kedua brand yang bersangkutan tersebut menjual produk yang tidak sama, yaitu mobil dan komputer.

Kemudian tuntutan sebesar $10 milyar oleh Nissan Motor Co. menurut Miss Sansan tidak cukup untuk mewakili hak Nissan Motor Co. dalam menyalahkan Nissan Coputer Corp. karena bagaimanapun juga yang harus ditegaskan disini adalah domain name sudah terlebih dahulu didaftarkan oleh Nissan Computer Corp. Tuntutan tersebut cukup besar jumlahnya untuk permasalahan perebutan domain name yang tidak terbukti menyangkut bentuk tindakan penghinaan atau pembuat kerugian bagi kedua belah pihak. Seharnya Nissan Motor Co. selaku pelaku bisnis profesional dengan brand yang sudah mendunia dapat lebih bijaksana dalam penyelesaian masalah ini.

2.       Pandangan etika dari segi pandang Uzi Nissan selaku pemilik Nissan Computer Corp.
Uzi Nissan selaku pemilik Nissan Computer Corp. telah terlebih dahulu mendaftarkan domain name nissan.com pada tahun 1994 dan nissan.net pada tahun 1996 untuk niat bisnis menjual perangkat komputer serta servis yang berhubungan dengan bisnis komputer yang sudah berjalan sejak 1991. Uzi Nissan yang menerima surat dari pengacara Nissan Motor Corp. dengan tuntutan menggunakan nama yang sama tentu kaget karena bagaimanapun juga domain name tersebut sudah lebih dahulu didaftarkan oleh Nissan Computer Corp. dengan tujuan untuk  mengembangkan bisnis komputer yang sudah dibangunnya sejak 1991. Tentu tindakan profesional yang telah dilakukan adalah membalas surat tuntutan tersebut dengan alasan bahwa pemberian nama pada domain name tersebut adalah atas nama belakang  keluarga (family name) dan memang niat penggunaannya adalah untuk menjalankan bisnisnya. Secara etika Uzi Nissan memiliki hak atas kepemilikan domain name tersebut.

3.       Pandangan etika dari segi pandang Nissan Motor Co.
Perusahaan automobile Jepang yang menual produknya ke Amerika Serikat sebelumnya bernama Datsun dan pada tahun 1980-an merubah namanya menjadi Nissan Motor Co. Nissan Motor Co. sudah menjadi sebuah brand  besar dalam produksi mobil secara global dan menyadari bahwa dengan maraknya perkembangan internet maka perlunya sarana informasi untuk promosi namun ternaya domain name “Nissan” sudah terlebih dahulu terdaftar sehingga Nissan Motor Co. khawatir akan kelangsungan promosi serta penyalahgunaan akan nama tersebut untuk image dan reputasi Nissan Motor Co. sebagai produsen mobil yang sudah ekspansi global ke seluruh dunia. Risiko yang dapat tercipta dengan adanya penggunaan nama yang sama adalah kebingungan untuk para konsumen dancalon konsume sehingga dapat menyebabkan adanya oppurtuni loss, tercorengnya reputasi Nissan selaku produsen mobil karena penggunaan domain name yang tidak sesuai kategori bisnis automoif, khawatir akan hal plagiat karena Nissan Motor Corp. sebenarnya lebih dahulu tercipta sebelum Nissan Computer Corp. Secara etika Nissan Motor Corp. yang khawatir akan timbulnya kerancuan akibat domain name terebut berhak secara profesional untuk menghubungi pihak yang bersangkutan dan menyelesaikan secara musyawarah.

4.       Keputusan dewan hukum yang menangani kasus perebutan domain name antara Nissan Computer Corp. vs Nissan Motor Co. yaitu:
-        Nissan Coputer Corp. tidak diijinkan untuk menggunakan domain name  nissan.com dan nissan.net karena kerancuan yang akan timbul berhubung Nissan Motor Corp. merupakan perusahaan besar, memiliki brand image yang kuat dan terkenal, serta karena sudah ekspansi global keseluruh pejuru dunia.
-        Nissan tidak diperkenankan untuk menulis atau post link yang berisikan hal-hal yang menjatuhkan puhak yag bersangkutan.
-        Pihak hukum memutuskan untuk menaruh link yang membuka web Nissan Computer Corp. dan Nissam Motor Co. pada nissan.com dan nissan.net
Alasan kenapa Miss Sansan kurang setuju dengan keputusan tersebut adalah karena beberapa faktor berikut:
-        Uzi Nissan lebih dahulu telah mendaftarkan domain name dengan menggunakan “Nissan” yang juga merupakan nama keluarganya (family name) sehingga merasa tidak ada keadilan akan hak menggunakan nama tersebut. Niatnya pun sudah terbukti tidak untuk penggunaan yang merugikan Nissan Motor Co. melainkan untuk menjalankan bisnisnya.
-        Nissan Motor Co. yang telah mengganti namanya, yang sebelumnya adalah Datsun pada tahun 1980, belum menyadari perlunya saran promosi melalui internet yang kondisinya saat itu sedang masih berkembang sehingga “telat” mendaftarkan dirinya. Sedangkan saat mengetahui Nissan Computer Corp. telah menggunakan nama yang sama maka bertindak “mengganggu” Nissan Computer Corp. untuk mengambilalih domain name yang telah ada.
-        Uzi Nissan yang telah membalas surat tuntutan dari Nissan Motor Co. tidak mendapat balasan sehingga membuktikan bahwa Nissan Motor Co. kurang tegas dalam ketertarikannya dalam domain name tersebut. Secara profesional, karena Nissan Motor Co. adalah brand global, seharusnya membalas kembali surat tersebut dengan menawarkan alternative solusi yang mengarah ke win-win solution dan bila dari pihak Uzi Nissan tidak mau berunding secara musyawarah baru diproses dengan pihak hokum yang berwenang.
Solusi yang menurut Miss Sansan cukup adil dalam kasus perebutan domain name nissan adalah Nissan Computer Corp. dan Nissan Motor Co. menggunakan perpaduan nama “Nissan” dengan kategori bisnis yang bersangkutan. Alternative nama yang bisa digunakan untuk Nissan Computer Corp. adalah nissancomputer.com sedangkan untuk Nissan Motor Co. adalah nissanmotor.com. Sehingga domain name nissan.com maupun nissan.net dihilangkan dengan tujuan untuk menghilangkan kebingungan untuk konsumen kedua belah pihak.

Bagaimana menurut kalian anak-anak?? Ayo latih otak kalian untuk menganalisis kasus ini lebih tajam lagi ya!

Salam,
Miss Sansan
Institusi Sekolah Tinggi Tinggi Sekali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar